Arti Logo OBIT (Penanaman Satu Milyar Pohon)

Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24  Tahun 2008 telah ditetapkan Hari Menanam Pohon Indonesia. Untuk mewujudkan amanat Kepres ini,   terbitlah Keputusan Menteri Kehutanan Nomor P. 21/Menhut-II/2010 tentang Panduan Penanaman Satu Milyar Pohon (One Billion Indonesian Trees/OBIT). OBIT atau Penanaman Satu Milyar Pohon ditandai dengan acara  upacara puncak pada tanggal 28 Nopember 2010 di setiap Provinsi, Kabupaten/Kota  yang sekaligus untuk memperingati  tanggal 28 Nopember  sebagai “Hari Menanam Pohon Indonesia/HPMI”. Pelaksanaan Penanaman Satu Milyar Pohon dimulai pada bulan Februari 2010 dan berakhir sampai dengan bulan Januari 2011. Target pencapaian penanaman minimal satu milyar batang bibit, utamanya jenis unggulan lokal dan jenis-jenis yang sesuai dengan peruntukan lahan.
Maksud dan Tujuan
Maksud dilaksanakannya Penanaman Satu Milyar Pohon (One  Billion Indonesian Trees) adalah :
  1. Untuk meningkatkan kepedulian seluruh komponen bangsa akan pentingnya fungsi pohon untuk penurunan emisi Gas Rumah Kaca dalam mengurangi pemanasan global dan untuk mencapai pembangunan Indonesia yang bersih (Clean Development Mechanism).
  2. Mengajak seluruh komponen bangsa untuk melakukan penanaman dan pemeliharaan pohon secara berkelanjutan untuk merehabilitasi hutan dan lahan.
Tujuan Penanaman Satu Milyar Pohon adalah  :
  1. Mencegah terjadinya bencana banjir dan longsor pada musim penghujan serta bencana kekeringan dan kebakaran pada musim kemarau.
  2. Mengurangi emisi GHGs (Gas Rumah Kaca) untuk mengantisipasi dampak pemanasan global.
Logo OBIT
Makna Logo Penanaman Satu Milyar Pohon/One Billion Indonesian Trees (OBIT)
1.  Makna Lingkaran Secara Umum
  • Lingkaran memberi makna bahwa Penanaman Satu Milyar Pohon/One Billion Indonesian Trees (OBIT) adalah suatu sistem atau suatu gerakan yang terencana dan terus menerus/tidak pernah berhenti. OBIT adalah gerakan moral atau program transformasi kultural yang dilakukan kepada seluruh masyarakat secara terus menerus.
2.  Makna Masing-masing Lingkaran
  • ‘Lingkaran 1’ berwarna ungu yang menggambarkan terjadinya perbaikan lapisan ozon sebagai dampak dari kegiatan penanaman
  • ‘Lingkaran 2’ berwarna biru dengan  gradasi muda ke tua memberi makna komitmen Bangsa Indonesia untuk mengurangi emisi sebesar 26% – 41% secara bertahap guna mengurangi dampak pemanasan global.
  • ‘Lingkaran 3’ berwarna hijau memberi makna pembangunan Indonesia yang bersih (Clean Develop-ment Mechanism) sebagai salah satu dampak dari  kegiatan penanaman.
  • ‘Lingkaran 4’ lingkaran dengan banyak pohon memberi makna optimisme Bangsa Indonesia dalam pencapaian target penanaman satu milyar pohon.
  • ‘Lingkaran 5’ lingkaran dengan bentuk globe dengan Kepulauan Indonesia berada pada posisi depan memberi makna bahwa Penanaman Satu Milyar Pohon disamping untuk kepentingan Bangsa Indonesia sendiri juga dipersembahkan  untuk dunia.
sumber :  http://tunas63.wordpress.com/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LEMBAGA KONSERVASI

Upacara Pembukaan Diklatsar XXI Mapar

Logo Ekolabel Swadeklarasi Indonesia