Tip Memilih Cat Ramah Lingkungan



Tip memilih cat/ tinta/ coating / varnish yang aman dan ramah lingkungan :
  1. Pastikan cat yang kita gunakan adalah cat air,  sebab persentase emisi thinners/cat minyak lebih tinggi dari BBM. Thinner atau minyak cat dan bahan bakar minyak ( BBM) keduanya berasal dari minyak bumi. Bedanya, jika BBM sebagian besar dikonfersi menjadi energi dan sisanya dibuang sebagai emisi carbon, Sedangkan thinners 100% MENGUAP pada saat proses pengeringan cat berlangsung. Tidak sedikitpun yg dikonversi jadi apapun. Selain itu, thinner juga mengeluarkan emisi gas beracun yang berbahaya bagi kesehatan seperti toluen, acetone, MEK dll yang dapat menyebabkan kanker, gangguan syaraf dan menghambat pertumbuhan janin. Cat air mudah dikenali dengan istilah 'waterborne' atau 'water base' paint, yang bisanya tercantum pada label.
  1. Pastikan cat yang kita gunakan tidak berbau pedas/menyengat, bau pedas menyengat pada cat minyak atau cat air berasal dari FORMALIN. Apalagi jika sampai keluar air hidung atau mata, ini menunjukkan tingginya kadar formalin. Biasanya produsen menyamarkan dengan menambahkan parfum. Jadi hindari juga cat dengan bau parfum yang aneh-aneh.
  2. Hindari cat berwarna cerah dan tajam, Pigment biasanya terbuat dari LOGAM BERAT  yang dapat menyebabkan kanker, MERCURY juga biasa ditambahkan untuk meningkatkan kecerahan warna. Semakin tinggi intensitas warna, semakin banyak pigment, semakin beresiko.
Semoga bermanfaat,


sumber : greenlifestyle@googlegroups.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LEMBAGA KONSERVASI

Upacara Pembukaan Diklatsar XXI Mapar

Logo Ekolabel Swadeklarasi Indonesia