Penanaman Pohon Kina - Junghun

Save Our Kina-Cagar Alam Junghun

Menutup tahun 2007 yang telah lalu Mapar mengadakan kegiatan lain dari pada biasanya, selain bermaksud menjalin hubungan yang lebih erat antara anggota muda (Ai) pada waktu itu dengan anggota Mapar yang lain, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk tujuan yang lebih mulia, kegiatan empat hari ini salah satunya adalah melakukan penanaman pohon Kina yang berlokasi di Cagar Alam Junghun- Lembang Bandung.
Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama dengan Departemen Kehutanan Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Barat I, PSL –UNB dan MAPAR, tepatnya dilaksanakan pada tanggal 31 Desember 2007 dan merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam menyambut tahun 2008.
Lebih dari 100 buah bibit pohon Kina ditanam oleh Anak-anak mapar, sebelum melakukan penanaman, para peserta mendapat penjelasan tentang sejarah lokasi yaitu Cagar Alam Junghun dari pengelola.
Kondisi lokasi cukup memperihatinkan, misalnya luasanya sudah berkurang dari yang seharusnya yaitu 2,5 Ha, kondisi ini disebabkan oleh klaim dari masyarkat sekitar, selain itu lokasi ini dijadikan tempat pembuangan sampah oleh masyarakat.
Namun secara umum Cagar Alam Junghun masih terawat dengan baik. Semoga kegiatan ini dapat memberikan sumbangsing yang berarti bagi pelestarian lingkungan, khususnya pelestarian pohon kina dan sejarah panjang perkembangan bahan baku obat malaria ini.

Komentar

Posting Komentar

->

Postingan populer dari blog ini

LEMBAGA KONSERVASI

Upacara Pembukaan Diklatsar XXI Mapar

Logo Ekolabel Swadeklarasi Indonesia