4 SKILLS

4 SKILLS TO IMPROVE YOUR CAREER
Kompetisi dalam dunia kerja terus terjadi oleh karena itu kita harusmampu bersaing dengan yang lain agar dapat terus meningkat dalamkarir. Seringkali dalam training yang saya adakan saya berkata kepadapara peserta bahwa cara terbaik untuk berkompetisi dalam dunia kerjaadalah dengan cara meningkatkan kompetensi yang dapat membuat kitaterus lebih unggul dari yang lainnya. Tentunya kita tidak cukup cumaahli di bidang kita melainkan kita juga perlu menguasaikeahlian-keahlian lainnya yang dapat mendukung keahlian utama yangsudah dimiliki.
Berikut ini ada 4 macam keahlian yang perlu dikuasai untuk mendatangkan peningkatan pada karir kita:
  1. Selling Skill/Kemampuan menjual bukan hanya perlu dikuasai oleh para sales tapi jugaoleh setiap orang yang ingin meningkat dalam karir. Karena dalam bidang pekerjaan apapun seseorang harus mampu menjual apakah itu suatu produk atau jasa, maupun "menjual diri" sendiri yang mungkin bisadiartikan seperti seorang karyawan menjual kinerjanya pada suatu perusahaan, seorang guru menjual pengetahuan, seorang designer menjualkeahliannya. Intinya setiap kita bertanggung jawab penuh untuk menciptakan nilai tambah pribadi yang membuat nilai jual kita semakin tinggi sehingga karir dapat terus melejit.
  2. Interpersonal Skill/Keahlian membangun hubungan dan berinteraksi dengan orang lain sangatdibutuhkan untuk meningkat dalam karir. Karena dalam dunia kerja hampir tiga perempat waktu yang kita habiskan berhubungan dengan orangbanyak seperti customer, supplier, atasan, rekan kerja, bawahan. Makanya tidak heran sejumlah studi ilmiah menyimpulkan 85% kunci sukses ditentukan bukan dari keahlian atau keterampilan teknis sajamelainkan kemahiran dalam menjalin hubungan baik dengan orang lain. Kemampuan membina hubungan akan sangat menolong kita dalam hal kerjasama tim, membangun networking, memenangkan hati pelanggan, dan disukai banyak orang.
  3. Communication Skill/Kemampuan berkomunikasi adalah suatu alat yang penting untuk meraihkemajuan dalam karir. Fakta menunjukkan bahwa kemampuan anda mencapaitujuan sangat dipengaruhi pada kemampuan anda dalam berkomunikasi dan mempengaruhi orang lain. Keahlian ini dapat terus dilatih dandikembangkan agar kita dapat menjadi komunikator yang handal sehinggakita dapat dengan efektif menyampaikan ide-ide, mempresentasikan suatu proyek, mengkomunikasikan manfaat suatu produk atau jasa yang akan menentukan suatu penjualan.
  4. Learning Skill, Kita hidup di era informasi yang mana suatu informasi dapat diaksessecara mudah dengan berbagai sarana. Beberapa informasi tertentu dapatmenjadi sangat berharga yang mendatangkan berbagai keuntungan. Hal inilah yang harusnya mendorong kita untuk terus menyerap sebanyakmungkin informasi yang dibutuhkan sesuai bidang kita melalui seminar,koran, internet, membaca buku bahkan belajar dari para praktisi danahlinya. Proses ini menuntut pembelajaran yang efektif agar kita tidak ketinggalan dengan yang lain, selain itu juga kita harus mampu menyeleksi dan mengolah informasi yang kita serap agar selalu relevan dengan diri kita. Peningkatan pengetahuan selalu diikuti dengan peningkatan kompetensi lalu diikuti dengan peningkatan karir. Apabila anda serius ingin meningkatkan karir, maka mulai investasikanwaktu anda untuk mempelajari keahlian-keahlian tersebut dan anda akanlihat hasilnya yang mendatangkan banyak manfaat.

From : M. 111. Sm

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LEMBAGA KONSERVASI

Upacara Pembukaan Diklatsar XXI Mapar

Logo Ekolabel Swadeklarasi Indonesia